SEO On-Page Dan SEO Off-Page

SEO On-Page Dan SEO Off-Page

SEO On-Page Dan SEO Off-Page –   Strategi SEO dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu SEO On-Page dan SEO Off-Page, keduanya sangat penting untuk keberhasilan menaikkan  rating website menggunakan teknik SEO. Akan tetapi penanganan kedua kategori ini berbeda. Untuk memahami kedua kategori ini kalian harus paham terlebih dahulu tentang apa itu SEO. Dan disini saya akan menjelaskan perbedaan antara SEO On-Page dan Off-Page.

1.Apa Itu SEO On-Page

SEO on-page adalah cara-cara yang dilakukan untuk mengoptimalkan berbagai bagian dari situs web anda yang akan mempengaruhi peringkat mesin pencarian. Atau mempercantik seluruh isi website yang kamu miliki, bukan hanya dari segi tampilan tetapi juga isinya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengoptimalkan website anda, yaitu :

Sumber : Googleimage.co.id

a. Isi Konten Harus Berkualitas

Konten yang kamu tulis dalam sebuah haruslah berkualitas, yaitu tidak merupakan duplikasi, memuat tentang informasi yang dibutuhkan, susunan kalimat yang runut, dan mudah dipahami. Usahakan agar pengunjung websitemu merasa mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan betah untuk berlama-lama berada di websitemu.

b. Tampilan Website Yang Menarik

Usahakan agar tampilan websitemu user friendly, susunlah seluruh informasi di websitemu secara tertata, agar para pengunjung website tidak merasa bingung.

c. Tag Judul

Letakkan kata kunci target ke dalam setiap tag judul disetiap halaman webmu.

d. Heading  (H1, H2,H3)

Penting untuk meletakkan Tag H1 pada kalimat pertama pada konten website. H1 umumnya ditempatkan pada Tag Judul artikel. Selain H1 , H2 dan H3 juga penting untuk subjudul pada konten yang berada pada halaman tersebut

e. Struktur URL

URL yang dibangun harus SEO friendly, berisi kata kunci yang berhubungan dengan isi artikel, mudah dipahami manusia, dan dibaca oleh mesin pencarian.

f. Kecepatan Loading

Kecepatan loading pada website juga salah satu faktor yang harus diperhatikan. Jika loading pada websitemu lambat, maka orang akan malas untuk mengunjungi webmu. Tentu hal tersebut akan menurunkan rating dan pasti mendatangkan kerugian.

g. Kata Kunci Didalam URL

Gambarkan kata kunci sesuai dengan isi artikelmu. Pilih kata kunci yang logis dan menarik.

2. Apa Itu SEO Off-Page

SEO Off-page adalah teknik yang dilakukan di luar website untuk mengoptimalkan web pada mesin pencarian. Bisa dibilang SEO Off-page adalah teknik dibelakang layar untuk menaikkan traffic pengunjung pada halaman webmu. Ada dua teknik untuk membangun SEO Off-Page yaitu WhiteHat dan BlackHat. Teknik WhiteHat adalah teknik yang natural dan aman untuk dilakukan, sementara BlackHat adalah teknik yang cukup berbahaya dan berpotensi mendapatkan penalti dari google. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan SEO Off-page :

a. Backlink

Backlink / link balik adalah link dari luar website kita dan menuju ke website kita. Backlink yang dibangun haruslah baik dan bukan merupakan spamming karena bila website kita melanggar ketentuan yang ada membuat website kita akan terkena pinalti oleh Google Search Engine  Banyak cara membangun Backlink, seperti Pyramid, Dummy Blog, Otomatis, Social Bookmark, Edu – Gov, Web 2.0, Forum, Blog To Web (1 arah), Blog To Blog (2 arah), Blog Walking, atau bisa juga meminta backlink dari seseorang yang menulis artikel yang sama dengan kita, dengan catatan pastikan website tersebut telah mendapatkan banyak pengunjung dan rating baik dari mesin pencarian.

b. Social Media

Bagikan link artikel yang telah dibuat ke social media,karena saat ini social media menjadi media promosi yang sangat diminatri, dan pengguna social media juga semakin meningkat. Jadi jangan lupa manfaatkan social media yang kalian miliki.

c. Tools SEO Google

Kita juga dapat memanfaatkan beberapa tools yang disediakan oleh google seperti  Websmaster, Analytics, Trends, Adwords Keyword Planner, Consumer Surveys, PageSpeed Insights, Content Experiments, Places for Business, Alerts, Tag Manager. Tools tersebut akan sangat membantu kita untuk membuat website yang SEO friendly.

Related Posts---

Back to top